Berita Terpilih

Tekan Obesitas Dengan Rumput Laut Cokelat

Mon, 09/29/2014 - 16:15 -- nofrilawati

Rumput laut cokelat dapat menekan obesitas, hasil penelitian yang dilakukan oleh Ma Chung Research Center for Photosyntetic Pigments (MCRPP), Universitas Ma Chung Malang ini mengungkapkan rumput laut cokelat yang ditemukan di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, mampu menekan obesitas.

Kami sudah melakukan penelitian di Sumenep dan hasilnya, rumput laut cokelat bisa menjadi obat antiobesitas. Rumput laut ini bisa menjadi harapan baru bagi petani untuk bertahan dari gempuran berbagai produk yang dipasarkan luas di era globalisasi, kata peneliti, Leenawaty Limantara, dikutip dari Antara News.

Untuk mengembangkan budi daya rumput laut tersebut, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan Pemprov Jatim melalui program inovasi "Sentra Hilir Produk Pigmen Rumput Laut Indonesia".

Selain itu, pihaknya sudah menandatangani kerja sama dengan Pemprov Jatim, dan juga ditawari kerja sama dengan perusahaan kosmetik Martha Tilaar untuk mengembangkan jamu antiobesitas berbahan dasar rumput laut yang dihasilkan dari penelitian yang dilakukan MCRPP.

Sebenarnya, di Indonesia banyak sekali spesies tumbuhan yang bisa dikembangkan dan dibudidayakan untuk menjadi bahan baku obat, makanan maupun lainnya, namun tidak terproteksi, sehingga banyak yang hilang dan mati dengan sendirinya, ujarnya.

Foto : mzainal.blogspot.com