Berita Terpilih

Ketika Bakteri Jadi Bahan Baku Sel Surya

Fri, 06/20/2014 - 15:10 -- nofrilawati

Peneliti Universitas Ma Chung Malang, gunakan bakteri fotosintesis sebagai bahan baku sel surya (solar cell) untuk pengembangan pembangkit listrik ternaga surya (PLTS).

Bakteri ini menangkap energi dari matahari saat berfotosintesis yang lalu melalui proses tertentu menghasilkan listrik, kata Monika Prihastyanti, peneliti dari Universitas Ma Chung, dikutip dari Antara News.

Listrik yang dihasilkan tersebut melalui metode tertentu di mana pigmen dari bakteri yang sifatnya tak stabil lebih dulu diproses untuk dikuatkan strukturnya dengan menggunakan bahan polimer. Kami menyiapkan plat kaca yang diberi partikel nano Titanium Oksida (TiO2) agar mampu menyerap electron. Lalu plat itu dicelupkan di cairan pigmen itu, ditambahkan bahan polimer dan karbon. Hasilnya adalah sejenis sel surya, ujar Monika.

Solar cell yang berasal dari bakteri sangat mendukung program energi terbarukan karena bakteri mudah untuk ditumbuhkan dibandingkan bahan solar cell yang menggunakan silikon.

Peluang bisnis pigmen selain di sektor energi, juga sangat besar di sektor pangan dan obat-obatan, misalnya untuk pembuatan pro-vitamin A, antioksidan, deteksi sel kanker, kosmetik, pewarna alami dan lain-lain, katanya.

Foto : id-id.facebook.com

Category: