Berita Terpilih

Kelapa Sawit Gantikan Energi Fosil

Fri, 07/04/2014 - 09:48 -- nofrilawati

Kelapa sawit dinilai dapat dijadikan sumber energi alternatif menggantikan sumber energi fosil yang semakin menipis, karena kelapa sawit memiliki produktivitas yang tinggi dan ramah lingkungan.

Ke depan, seluruh industri akan bergeser kepada industri yang bersumber dari sumber daya hayati, salah satunya adalah bahan bakar yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Tentu ini adalah peluang sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia, ujar Dekan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), Ernan Rustiadi, seperti dikutip dari Antara News.

Saat ini, sejumlah negara mulai mengembangkan Bioenergi (biofuel) karena dianggap paling tepat menggantikan energi fosil dan salah satu bahan dasar biofuel adalah minyak kelapa sawit.

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Gusti Muhammad Hatta mengatakan pengembangan minyak kelapa sawit menjadi bioenergi adalah hal yang paling strategis. Di tengah krisis energi yang terjadi di dunia saat ini, maka Indonesia mengambil langkah maju untuk mengembangkan teknologi minyak kelapa sawit menjadi bioenergi dengan bahan baku kelapa sawit.

Selain itu, Ketua Pusat Penelitian Kelapa Sawit Nasional (PPKS), Witjaksana Darmosarkoro mengatakan Indonesia saat ini adalah produsen CPO terbesar di dunia dengan perkebunan kelapa sawit yang terluas di dunia, sehingga selayaknya menempatkan Indonesia sebagai rujukan pengembangan kelapa sawit di dunia.

Category: