Berita Terpilih

DVR Alat Antisipasi Kerugian Akibat Tegangan Listrik

Fri, 03/28/2014 - 18:53 -- nofrilawati

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ciptakan alat untuk mencegah kerugian akibat kedip tegangan listrik di sektor industri. Alat yang diberi nama Dinamic Voltage Restorer (DVR) ini mampu mengatasi gangguan listrik dan mencegah kerugian.

Bagi industri kedip tegangan listrik secara tiba-tiba meski hanya sepersekian detik bisa merugikan hingga miliaran rupiah, kata perekayasa sistem dari Pusat Teknologi Konversi Energi BPPT Eka Rakhman Priandana, seperti dikutip dari Antara News.

DVR merupakan perangkat pengkompensasi tegangan sumber yang mengalami gangguan kualitas daya (sag/swell) dengan cara menginjeksi selisih tegangan referensi pada saluran menuju beban, supaya kualitas tegangan beban tetap stabil selama gangguan muncul, katanya.

Sementara, Kepala Balai Besar Teknologi Energi BPPT Soni Solistia Wirawan mengatakan beberapa industri dapat mengalami kerugian langsung sampai 10 persen dari pendapatan akibat interupsi ini.

Untuk mengatasi masalah yang dihadapi industri, BPPT memberikan solusi berupa tim yang melakukan analisis ke industri untuk menilai kualitas daya listriknya, pemecahannya bisa dengan mengatur beban dan memasang filter-filter, bisa juga dengan memasang DVR.

Category: