Berita Terpilih

Yogyakarta Jadi Nominasi Kota Batik Dunia

Mon, 08/25/2014 - 18:13 -- nofrilawati

Sebagai salah satu daerah pusat kerajinan batik, Yogyakarta diusulkan jadi kota batik dunia oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dekranasda DIY mengusulkan batik sebagai ikon kerajinan Kota Yogyakarta karena berbagai pertimbangan, di antaranya batik sebagai salah satu warisan dunia yang telah diakui organisasi dunia UNESCO, ujar Direktur Eksekutif Dewan Kerajinan Nasional DIY Roni Guritno, dikutip dari Antara News.

Pihaknya berharap dalam tinjauan dewan kerajinan dunia ke salah satu sentra batik ini dapat membawa Yogyakarta sebagai pemenang, karena banyak hal yang dapat diperoleh manfaatnya terutama bidang ekonomi. Sebab, dewan kerajinan dunia akan mempublikasikan kota batik ke berbagai belahan dunia, sehingga masyarakat dunia akan semakin mengenal Yogyakarta dan sekitarnya dengan batik khasnya.

Peninjauan dewan kerajinan dunia ini sebagai bagian dari proses penilaian ajang kompetisi yang diselenggarakan dewan kerajinan dunia yang berpusat di Beijing, Tiongkok ini, katanya.

Yogyakarta yang mewakili Indonesia berhasil masuk dalam nominasi enam besar dunia, yang pada kesempatan ini tim melihat langsung proses pembuatan batik dan berbagai tahapannya sebagai referensi penilaian.

Category: