Berita Terpilih

Yogyakarta Adakan Lomba Desain Motif Batik

Mon, 03/23/2015 - 18:33 -- nofrilawati

Sebagai upaya untuk tetap melestarikan batik, Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah setempat menggelar lomba desain motif batik yang didasarkan pada tiga motif batik khas Yogyakarta yaitu ceplok, parang dan semen.

Lomba desain motif batik ini terbuka untuk umum, tidak dibatasi domisili. Peserta bisa berasal dari mana saja, kata Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto dikutip dari Antara News.

Untuk pendaftaran peserta lomba sudah bisa mengirimkan karya masing-masing yang dimulai pada tanggal 18 Maret sampai 7 Mei 2015. Peserta diminta menyerahkan karya dalam bentuk sketsa yang digambar di kertas berukuran A3. Panitia kemudian akan menyeleksi karya yang masuk dan memilih 20 desain terbaik.

Desain yang terpilih tersebut kemudian akan dituangkan dalam batik tulis di kain sepanjang dua meter. Kami akan memilih enam karya terbaik untuk ditetapkan sebagai pemenang, ungkap Tri.

Seluruh desain yang masuk akan menjadi hak milik dari Dekranasda Kota Yogyakarta. Desain dari pemenang akan digunakan sebagai seragam bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Namun, karya yang terpilih belum tentu karya dari pemenang pertama, katanya.

Category: