Berita Terpilih

Wiwiek Widiyastuti

Mon, 12/09/2013 - 15:04 -- nofrilawati

Wiwiek Widiyastuti lahir di Yogyakarta, 31 Juli 1952 ditengah keluarga yang bergelut dalam seni tari. Keluarga ibunya ada yang menjadi penari keraton, sementara kakeknya adalah salah seorang pencipta tari pada masa Hamengku Buwono VII. Wiwiek berkecimpung di dunia seni tari dari kelas IV SD dengan belajar tari di bengkel tari milik Bagong Kussudihardjo.

Wiwiek menyelesaikan pendidikan formal tarinya di Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Yogyakarta dan kemudian di lanjutkan di Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta yang kini dikenal IKJ sampai tahun 1979 sambil jadi pelatih tari di Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Penari asal Yogyakarta ini sangat mencintai seni tari Indonesia terutama seni tari Betawi. Selain sebagai penari Wiwiek juga dikenal sebagai koreografer. Beberapa tari hasil karya Wiwiek adalah Tapak Topeng, Ronggeng Blantek, Gado gado Jakarta, Topeng Putri Tiga, dan tari Lenggang Nyai.

Wiwiek sering mengikut-sertakan tarian ciptaannya ke berbagai festival tari di luar negeri, seperti Italia, Jerman, dan Austria agar tari ciptaannya bisa dinikmati penonton mancanegara. Selain itu Wiwiek sering diminta mengisi berbagai festival tari di dalam maupun luar negeri.

Selain menjadi pelatih tari, Wiwiek juga pernah menjadi Anggota Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) periode tahun 1985-1988 dan menjadi Kepala Seksi Tari Puslat Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, serta menangani Laboratorium Tari Indonesia.

*Diambil dari berbagai sumber