Berita Terpilih

Wayang Klasik Khas Buleleng Ada Di Belanda

Sun, 01/10/2016 - 20:51 -- nofrilawati

Wayang klasik dan lukisan buatan masyarakat Buleleng, Bali di masa lalu ada di Belanda sejak ratusan tahun silam.

"Kami hanya memiliki peninggalan berupa foto saja dan itupun diberikan pihak Belanda," kata Made Parwija, salah satu petugas Museum Buleleng, dikutip dari Antara News.

Beberapa koleksi sejenis foto-foto wayang khas buatan masyarakat Buleleng di masa silam konon sejak zaman penjajahan koleksi-koleksi terkumpul hanya sebatas foto saja selama ini, katanya.

"Kami disini cuma diberi fotonya saja dan yang memasang di sini orang Belanda langsung dan katanya foto ini supaya ada bukti, kalau peninggalan asli milik Buleleng ada di Belanda. Selain foto, ada lukisan dan benda-benda bersejarah", ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa MPd mengatakan, pihaknya tidak menampik ada foto dan lukisan asli Buleleng telah disimpan di museum di Belanda.

"Ada salah satu guru besar dari salah satu Universitas di Belanda dan menunjukan kepada saya ada banyak lukisan-lukisan asal Buleleng tersimpan di Belanda dan kami ditunjukan langsung melalui laptopnya, dan konon lukisan berusia cukup lama di masa jaman pemerintahan Belanda," ujarnya.

Foto : duta.co

Category: