Berita Terpilih

UBK Muarojambi Olah Daun Sirsak Jadi Teh dan Sirup

Fri, 10/20/2017 - 12:56 -- nofrilawati

Kelompok warga kreatif Usaha Bersama Komunitas (UBK) di Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambi berhasil mengolah daun sirsak menjadi teh dan aneka minuman khas daerah yang bernilai jual.

"Semuanya serba berbahan daun sirsak, hasil olahannya ada teh daun sirsak dan sirup daun sirsak," kata Ketua kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) UBK, Zari (48), dikutip dari Antara News.

Daun sirsak dikenal sebagai tanaman herbal yang mempunyai efek kemotherapi yang sangat baik untuk membantu penyembuhan berbagai macam penyakit seperti melancarkan peredaran darah, menghilangkan sel-sel kanker, pembuluh darah dan berbagai macam penyakit lainnya serta ramah terhadap tubuh manusia, jelasnya.

Proses pengolahannya dimulai dari pemilihan daun sirsak yang sehat, dikeringkan selama tiga hari dengan cara khusus, kemudian digiling halus supaya serat-seratnya lebih gampang terekstraksi waktu diseduh, dan dikemas dengan kantung celup bebas klorin.

Sirup daun sirsak juga menjadi salah satu produk khas daerah itu. Daun sirsak diolah menjadi sirup dengan rasa khas dan berwarna hijau khas daun sirsak.

Zari menjelaskan untuk melanjutkan usaha itu dibentuk kelompok Usaha Bersama Komunitas (UBK). Anggotannya gabungan dari pengrajin di beberapa desa di Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, yaitu Desa Kota Karang, Sakean, Pudak, Muaro Kumpeh dan Kasang Kumpeh.

Foto : Antaranews.com

Category: