Berita Terpilih

Ubi Jalarpun Bisa diolah Menjadi Es Krim

Wed, 11/22/2017 - 14:51 -- nofrilawati

Balai Penelitian Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) Balitbangtan kembangkan ubi jalar menjadi es krim ubi jalar ungu.

Es krim ubi jalar yang menggugah selera itu juga diaplikasikan salah satu UKM yang berasal dari Ciamis, Jawa Barat. Detin Khoerotin yang dekat dengan sumber bahan baku mencoba untuk memproduksi es krim ubi jalar tersebut.

Melalui program Inkubator Teknologi Balitbangtan, Detin melakukan rancangan skema bisnis dengan membangun kemitraan produksi. Mengingat bahwa produknya tanpa pengawet, perlu ada mitra lain jika memperluas pasar.

"Rasanya enak, seperti bukan ubi jalar, apalagi ada kombinasi coklatnya," ujar seorang pembeli lokal yang berlangganan ke Detin, seperti diberitakan Antara News.

"Memang layak untuk didukung karena menjaga kearifan bahan pangan lokal secara kekinian," kata Dr. Retno Sri Hartati Mulyandari selaku Kepala Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (Balai PATP) mewakili Balitbangtan.

Yang menarik bahwa ubi jalar ungu diklaim mengandung nutrisi antosianin yang tinggi sehingga berfungsi sebagai antioksidan anti radikal bebas, antimutagenik atau anti mutasi gen, dan antikarsinogenik atau anti kanker.

Foto : resepharian.com

Category: