Berita Terpilih

Tingkatkan Produktivitas Pertanian Dengan Bioteknologi

Fri, 11/14/2014 - 14:41 -- nofrilawati

Bioteknologi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan tentunya dapat meningkatkan tanaman pangan.

Indonesia sudah meneliti beberapa tanaman rekayasa genetik yang dapat meningkatkan produktivitas petani karena memiliki sifat tahan hama dan penyakit, salah satunya tebu PRG event NXI-4T yang merupakan tebu hasil bioteknologi pertama di dunia, kata Sidi Asmono dari Masyarakat Bioteknologi Pertanian Indonesia, dikutip dari Antara News.

Tebu PRG itu dapat meningkatkan produksi hingga 30 persen, coba hitung produksinya bila sudah ditanam selama lima tahun, kita bisa mengurangi impor gula karena produksi tebu nasional sudah mencukupi, ujarnya.

Selain itu, Puslit Biogen LIPI, BB- Biogen dan IPB telah membuat rekayasa genetika, tanaman pangan dan tanaman perkebunan. Tujuan dari rekayasa genetika tanaman adalah untuk menghasilkan karakteristik tertentu, seperti jagung yang tahan penggerak batang, tebu yang tahan kekeringan dan padi yang kaya kandungan beta karoten.

Sementara Ketua Konsorsium Bioteknologi Indonesia (KBI), Misri Gozan mengatakan bioteknologi merupakan upaya intervensi yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas lahan yang terbatas di tengah meningkatnya kebutuhan pangan seiring pertumbuhan penduduk.

Foto : utama.seruu.com