Berita Terpilih

Tingkatkan Produktivitas Industri Gula Nasional, RNI Dirikan SMK di Madiun

Mon, 05/12/2014 - 18:16 -- nofrilawati

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbasis gula didirikan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) di Madiun Jawa Timur. Sekolah ini didirikan sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas di bidang industri gula nasional.

Sekolah yang didirikan itu memberikan kontribusi terhadap kebutuhan professional di bidang tata kelola industri gula. Disamping itu, sekolah ini dibentuk untuk mengantisipasi persaingan pasar bebas para produsen gula serta mengantisipasi kekurangan sumber daya manusia (SDM) pabrik gula di lingkungan RNI Grup karena mendekati purna tugas, kata Direktur Utama PT RNI, Ismed Hasan Putro, dikutip dari Kompas.com.

Tahap awal, SMK Gula Rajawali Madiun membuka jurusan dibidang kompetisi keahlian agribisnis tanaman perkebunan, teknik pemeliharaan mekanik industri, kimia industri dan kedepan akan menambah program politeknik.

SMK milik PT RNI memiliki kegiatan yang berkesinambungan. Untuk pagi, para siswa akan belajar di kelas. Sementara siang hari akan mengikuti praktek di pabrik gula dan pada malam hari, para siswa diberikan bekal keagaman sehingga memiliki bekal yang kuat, ujar Ismed.

Sehingga kedepannya para lulusan SMK Gula Rajawali Madiun tersebut langsung bisa bekerja di pabrik gula di lingkungan RNI Grup maupun dipabrik gula lainnya.

Foto : rri.co.id