Berita Terpilih

Tingkatkan Produksi Garam Dengan Media Isolator

Tue, 08/12/2014 - 19:00 -- nofrilawati

Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) dorong masyarakat untuk gunakan teknologi media isolator untuk tingkatkan produksi garam. BBTPPI kembangkan teknologi ini di empat daerah yakni Sumenep, Jawa Timur, Pati, Rembang, serta Jepara di Jawa Tengah.

Teknologi ini baru dipatenkan pada 2013 dan saat ini dikembangkan di empat daerah sentra produksi garam rakyat, kata Kepala BBTPPI, Sudarto, dikutip dari Antara News.

Dengan teknologi tersebut, petani dapat meningkatkan produksi dari 70 ton per hektare menjadi 100 ton per hektare dengan kualitas baik. Dengan teknologi manual, kualitas garam agak kusam dan kotor sedangkan dengan media isolator bersih, ujarnya.

Jenis garam yang dihasilkan dari teknologi ini adalah garam beryodium dan garam untuk industri. Kualitas garam dengan teknologi ini miliki harga jual yang lebih tinggi tentunya.

Selain itu, Teknologi ini juga dapat menyesuaikan kondisi cuaca karena saat hujan bisa digulung, tapi kalau ada air tua atau air yang bisa dijadikan garam, meja bisa ditutup sehingga tetap panen, katanya.

Category: