Berita Terpilih

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir, Aceh Besar Bangun PLTH

Mon, 12/14/2015 - 10:45 -- nofrilawati

Energi terbarukan terus dikembangkan seperti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) Surya dan Angin 250 KW di Gampong Meunasah Keude, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.

"Pembangunan PLTH Krueng Raya tersebut adalah untuk mempromosikan model pengembangan pembangunan berkelanjutan berbasis energi ramah lingkungan guna meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir," kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof Mohamad Nasir saat pencanangan pengembangan desa inovasi berbasis masyarakat.

Energi yang dihasilkan tersebut nantinya akan dinikmati oleh masyarakat sekitar dalam upaya memberdayakan ekonomi masyarakat di daerah pesisir di Kabupaten Aceh Besar khususnya.

"Kami berharap kepada seluruh warga sekitar agar dapat merawat dan menjaga dengan baik sarana dan prasarana tersebut sehingga dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan", katanya, seperti dikutip dari Antara News.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Aceh Besar, Gunawan mengatakan "Listrik yang dihasilkan PLTH ini nantinya dapat digunakan untuk kegiatan perekonomian masyarakat Krueng Raya dan sekitarnya seperti kegiatan pengolahan ikan, pengering, pendingin, proses pengemasan hasil perikanan".

Foto : industri.bisnis.com

Category: