Berita Terpilih

Tingkatkan Minat Baca Melalui Perpustakaan Desa

Wed, 08/27/2014 - 11:27 -- nofrilawati

Perpustakaan harus menjadi tempat belajar bagi masyarakat, salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat pada buku-buku yang ada di perpustakaan adalah dengan dikembangkannya perpustakaan daerah melalui program Perpuseru yang diprakarsai oleh Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI).

Perpustakaan harus berperan menjadi pusat belajar dan wahana demokratisasi. Masyarakat hendaknya melestarikan tradisi membaca karena membaca akan lebih bermakna apabila tidak hanya berkisar tekstual. Rahasia ilmu itu ada di buku dan buku berada di perpustakaan, ujar Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, dikutip dari Antara News.

Setiap daerah harus mendukung pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi yang saat ini telah sampai ke tingkat desa.

Selain itu, Direktur Program Perpuseru Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) Erlyn Sulistyaningsih mengatakan memasuki 2014 program Perpuseru ingin mengangkat betapa pentingnya peran kemitraan strategis untuk mendapat dukungan baik dari pemerintah pusat dan daerah maupun pihak swasta dalam pengembangan perpustakaan desa.

Tujuan Perpuseru adalah menjadikan perpustakaan menjadi lebih kuat, kreatif, dan mandiri. Memasuki program Perpuseru fase kedua akan dikembangkan kemitraan hingga 70 perpustakaan desa dan tujuh taman bacaan masyarakat di 19 kabupaten dan kota di 12 provinsi, katanya.

Category: