Berita Terpilih

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Tiap Daerah Miliki Perpustakaan

Thu, 10/31/2013 - 11:01 -- nofrilawati

Sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca dan memperkenalkan perpustakaan yang dimiliki daerah ke masyarakat luas, Perpustakaan Nasional menggelar lomba Perpustakaan Kabupaten/Kota Tingkat Nasional 2013.

Sebanyak 33 perpustakaan Kabupaten/Kota bersaing dalam perlombaan tersebut. Penilaian lomba berdasarkan kelengkapan sarana dan prasarana perpustakaan serta bagaimana upaya promosi dan edukasi pihak perpustakan kepada masyarakat untuk mengenal perpustakaan.

Dalam pelaksanaan lomba, Perpustakaan Nasional meminta provinsi untuk menilai perpustakaan kabupaten mana yang layak mengikuti lomba tersebut. Lalu dilakukan kunjungan oleh para dewan juri ke kabupaten/kota, dan setelah itu peserta diminta untuk presentasi di depan dewan juri, Jelas Woro Titi Haryanti, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, seperti dikutip dari Antara News.

Juara satu untuk kluster A lomba perpustakaan umum Kabupaten/ Kota tingkat nasional diraih oleh Kota Surabaya. Sedangkan Juara I kluster B adalah perpustakaan arsip dan dokumentasi Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan dan Juara I kluster C adalah perpustakaan arsip dan dokumentasi Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Foto : kelembagaan.pnri.go.id