Berita Terpilih

Tingkatkan Minat Baca Kalsel Bangun Perpustakaan Desa

Tue, 02/04/2014 - 17:23 -- nofrilawati

Kalimantan Selatan bangun 1.000 perpustakaan desa sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Perpustakaan desa merupakan program yang cukup penting dan strategis untuk semakin mendekatkan masyarakat dan pelajar, utamanya yang berada di pelosok dengan ilmu pengetahuan, kata Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Ariffin, seperti dikutip dari Antara News.

Selain perpustakaan desa, pemerintah juga menyediakan perpustakaan keliling, ditambah sarana serupa dari instansi, sekolah swasta seperti madrasah, sampai pengelola mesjid yang turut menyediakan perpustakaan. Untuk meningkatkan kunjungan generasi muda ke perpustakaan, pemerintah juga melengkapi fasilitas perpustakaan dengan internet.

Teknologi cukup penting untuk melengkapi perpustakaan desa, sehingga tidak menutup kemungkinan pada saatnya setiap perpustakaan akan dilengkapi dengan komputer, apalagi saat ini hampir di seluruh kecamatan di Kalsel sudah ada jaringan internetnya, jelas Rudy Ariffin.

Kepala Perpustakaan dan arsip Daerah Provinsi Kalsel, Hawari mengatakan memacu minat baca ini adalah dengan penyediaan perpustakaan hingga di tingkat desa. Saat ini Pemprov Kalsel sudah punya perpustakaan desa sebanyak 668 buah dan sampai 2015 ditarget terpenuhi 1.000 buah. Selain itu, koleksi buku juga terus diupayakan bertambah.

Foto : otdanews.com