Berita Terpilih

Tingkat Budaya Baca Melalui Program Membaca 15 Menit

Thu, 10/13/2016 - 18:59 -- nofrilawati

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terus berupaya menggerakan minat baca dengan program membaca 15 menit sebelum pelajaran sekolah.

"Saya melihat dan menilai seluruh sekolah yang saya kunjungi antusias menjalankan program membaca 15 menit tersebut. Jadi kami berharap dengan pembiasaan ini dapat menjadi budaya baca masyarakat," kata Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Supriano, dikutip dari Antara News.

Upaya pemerintah melalui Kemdikbud dalam menggerakan minat baca siswa di sekolah berjalan cukup baik dan efektif, jelasnya.

Ia berpendapat kegemaran membaca masyakat melalui pesan pendek di ponsel pintar sebenarnya bisa menjadi sarana menumbuhkan minat baca dalam sisi berbeda.

"Selama tiga tahun ini hasil penelitian kemajuan teknologi membuktikan tingginya minat baca masyarakat kita kendati dari aplikasi teknologi," katanya.

Meski begitu, kegiatan membaca 15 menit sebelum pelajaran, tidak menjadi kendala bagi sekolah yang belum memiliki perpustakaan. Pasalnya para siswa dapat membaca buku apa saja termasuk majalah, koran, dan lain lain dalam kegiatan tersebut, ungkap Supriano.

Foto : SMP TARAKANITA 2 JAKARTA

Category: