Berita Terpilih

Tiga Bidang Usaha Ini Gunakan Big Data

Mon, 03/16/2015 - 18:12 -- nofrilawati

Belum terlalu populer bukan berarti Big Data Analytics atau Big Data tidak memiliki pengguna. Big data yang merupakan sistem pemrosesan analisa data dengan volume besar, kompleksitas rumit dan kecepatan penambahan data yang tinggi, miliki tiga bidang usaha pengguna utama.

Tiga bidang usaha pengguna utama sistem tersebut yang pertama, tentunya Telco (Perusahaan telekomunikasi). Mereka jelas menggunakan Big Data untuk mengidentifikasi para pengguna, termasuk misalnya alasan-alasan kenapa seseorang berpindah provider, kata Chief Executive Officer (CEO) Mediatrac, Regi Wahyu, dikutip dari Antara News.

Yang kedua, bidang usaha yang sudah sadar akan manfaat penggunaan Big Data adalah perbankan. Perusahaan perbankan, membutuhkan Big Data mengingat intensitas transaksi yang tinggi baik itu berupa internet banking, mobile banking maupun ATM, ujanya.

Bidang usaha ketiga yang juga banyak menggunakan proses Big Data adalah Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) atau barang-barang konsumsi ringan dan murah seperti minuman dan makanan kemasan serta produk perawatan kecantikan kemasan. Sebetulnya untuk FMCG belum terlalu besar volume datanya, tetapi memang kesadarannya sudah terbentuk, ungkap Regi.

Mediatrac sendiri merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa data informasi yang juga menerapkan pemrosesan Big Data.

Foto : pfsweb.com

Category: