Berita Terpilih

Ternyata Cacing Laut Kaya Akan Protein

Tue, 03/25/2014 - 16:37 -- nofrilawati

Indonesia memiliki banyak kekayaan laut tapi belum sepenuhnya diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas, seperti cacing laut.

Masih terlalu banyak kekayaan alam Indonesia yang belum diketahui, apalagi dimanfaatkan, diantaranya khasiat cacing laut, yang diungkap peneliti LIPI, Joko Pamungkas.

Berdasarkan analisis proksimat yang dilakukannya, cacing laut atau Polychaeta sp kaya protein, namun hingga kini hanya orang Maluku yang banyak memanfaatkannya sebagai lauk.

Polychaeta sp hidup dalam terumbu karang pada pantai tropis yang berada dekat dengan Samudera Pasifik. Di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang diketahui menjadi habitat biota laut tersebut, di antaranya Maluku dan Lombok ujar Joko Pamungkas, seperti dikutip dari Antara News.

Polychaeta yang berada di perairan Maluku, pertama kali diteliti Rumphius, seorang peneliti Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) keturunan Jerman pada 1977. Tahun 1995 peneliti Jerman lainnya melanjutkan penelitian yang lebih mendalam terhadap Polychaeta dan berhasil menemukan 13 jenis lain Polychaeta.

Foto : fitrianiborut.blogspot.com