Berita Terpilih

Terapkan Pendidikan Karakter dengan Metode DAP

Mon, 08/11/2014 - 16:58 -- nofrilawati

Sistem pembelajaran Developmentally Appropriate Practices (DAP) adalah memperlakukan anak sebagai individu yang utuh yang melibatkan empat komponen, yaitu pengetahuan, keterampilan, sifat alamiah, dan perasaan. Apabila sistem pembelajaran di sekolah dapat melibatkan semua aspek ini secara bersamaan, maka perkembangan intelektual, sosial, dan karakter anak dapat terbentuk secara simultan.

Sistem pendidikan yang salah dapat membunuh karakter anak. Sistem pendidikan yang menganggap murid-murid sebagai bejana kosong yang perlu diisi, bukan untuk menyalakan semangat murid akan berakibat kepada gairah anak untuk belajar padam sebelum dewasa.

Apabila tidak ada semangat, kegairahan, atau rasa cinta untuk belajar, maka harapan untuk membentuk manusia yang sempurna yaitu cerdas budi dan akal, kreatif, dan mampu memberikan solusi berbagai masalah kehidupan akan gagal pula. Banyak orang tua dan guru yang tidak menyadari cara-cara mendidik anak yang tidak patut, yaitu yang tidak sesuai dengan umur, perkembangan psikologis, serta kebutuhan spesifik anak.

Dengan metode DAP terbukti meningkatkan motivasi anak untuk bereksplorasi, meningkatkan kreativitas, dan rasa ingin tahu yang besar pada anak. Dimasukkannya pendidikan karakter dalam sistem pembelajaran DAP akan dapat mengembangkan rasa empati, kepedulian, toleransi, dan kerjasama yang tinggi pada anak.

Sumber : Megawangi, Ratna, (2004). Pendidikan Karakter Solusi untuk Membangun Bangsa.