Berita Terpilih

Tenun Badui Gunakan Media Sosial Untuk Perluas Pemasaran

Fri, 05/19/2017 - 13:12 -- nofrilawati

Media sosial menjadi alat promosi yang menjanjikan, seperti yang dilakukan masyarakat komunitas adat Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten yang menggunakan media sosial untuk memperluas jaringan pemasaran kerajinan tenun.

"Kami sangat terbantu memasarkan melalui media sosial, seperti facebook, WA dan istagram banyak pesanan konsumen dari berbagai daerah di Tanah Air," kata Amir (40), seorang perajin UMKM Badui, dikutip dari Antara News.

Selama ini, permintaan tenun Badui cukup tinggi diantaranya jenis tenun suwatsongket, suwatsamata, adumancung, poleng kacang, poleng hidup dan aros.

Kerajinan kain tenunan dikerjakan kaum perempuan dengan peralatan secara manual. Biasanya untuk mengerjakan kain dengan ukuran 3x2 meter persegi bisa dikerjakan selama sepekan.

"Kami terus mengembangkan tenun motif lain agar bisa bersaing dengan daerah lain," ungkapnya.

Sementara itu, Jali (60), seorang pelaku UMKM warga Badui mengaku selama ini permintaan tenun Badui meningkat melalui medsos juga kunjungan wisatawan yang mengunjungi permukiman Badui.

Foto : Komoditas.Co.Id

Category: