Berita Terpilih

Teknologi Padi Salibu Dari Tanah Datar

Mon, 10/19/2015 - 19:11 -- nofrilawati

Salibu, teknologi Padi yang dikembangkan Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, masuk kompetisi penilaian dalam rangka penghargaan Hari Bakti Tani yang digelar Kementerian Pertanian RI.

Pengembangan teknologi padi "Salibu" di Tanah Datar dipusatkan di Kecamatan Pariangan sehingga diharapkan penyuluh pertanian dan petani disana dapat mempersiapkan diri untuk ikut kompetisi, kata Plt Dinas Pertanian Tanah Datar Khairudin di Batusangkar, dikutip dari Antara News.

Sementara itu, Kepala UPT Dinas Pertanian Kecamatan Pariangan Irdawati mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan ekspos mengenai visi dan misi serta bentuk-bentuk pelayanan publik berupa pelayanan administrasi dan pelayanan teknis.

Teknologi Padi "Salibu" yang sudah menjadi ikon pertanian Kabupaten Tanah Datar, sudah ada dari dahulu kala merupakan padi yang tumbuh dari batang padi bekas panen yang terlambat pengolahan lahan karena kekurangan tenaga kerja pada waktu itu, jelasnya.

"Hasil uji coba di tingkat petani, panen padi Salibu cukup bagus dan mengalami peningkatan antara 10-20 persen dibanding panen tanaman awal," katanya.

Pada budidaya padi "Salibu", ada beberapa faktor yang mempengaruhi yakni tinggi pemotongan batang, varietas yang digunakan, kondisi air tanah setelah panen, dan pemupukan tanaman. Secara ekonomis, sistem padi "Salibu" dapat menghemat biaya produksi sebesar 30 persen dan menekan biaya usaha tani antara Rp2-2,5 juta/hektare dalam sekali panen.

Foto : suaradesa.timesindonesia.co.id

Category: