Berita Terpilih

Tahun 2017 Listrik Sumatera-Jawa- Bali Terkoneksi

Mon, 06/30/2014 - 18:33 -- nofrilawati

Proyek pembangunan jaringan listrik kabel bawah laut Sumatera, Jawa dan Bali akan segera dimulai dan diperkirakan Jaringan listrik Sumatera - Jawa akan terkoneksi pada 2017.

Proyek pembangunan bawah laut Sumatera Jawa, sebelumnya kita inginkan adanya konektivitas pembangkit listrik dari Sumatera yang merupakan pusat batu bara bisa dialirkan ke jaringan transmisi listrik Jawa-Bali, kata Menko Perekonomian Chairul Tanjung, dikutip dari Antara News.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik di Sumatera maka akan dibangun jaringan 500 KV listrik transumatera dengan membangun pembangkit listrik mulut tambang di Sumatera. Dengan selesainya kabel bawah laut pada 2017 maka akan mengalir listrik dari Sumatera ke Jawa, ujarnya.

Dengan pembangunan pembangkit listrik mulut tambang di Sumatera dan bisa dialirkan ke Jawa dan Bali, maka ke depan tidak perlu lagi pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara di Jawa, sehingga bisa menghemat ongkos transportasi batu bara dari Sumatera ke Jawa, kata Chairul Tanjung.

Foto : setkab.go.id