Berita Terpilih

Sumbar Miliki 800 Jenis Pakaian Adat Perempuan

Wed, 01/24/2018 - 10:57 -- nofrilawati

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beraneka ragam, salah satu satunya pakaian adat dari Provinsi Sumatera Barat yang terdiri dari 800 jenis pakaian adat perempuan.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus mengidentifikasi dan mendokumentasikan pakaian adat tersebut agar tetap terjaga sebagai kekayaan budaya.

"Temuan tentang pakaian adat perempuan di Minangkabau ini sangat mencengangkan karena jumlahnya yang mencapai ratusan," kata Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Taufik Effendi dikutip dari Antara News.

Menurutnya jumlah yang cukup fantastis itu karena pada masing-masing nagari di Sumbar, terdapat perbedaan jenis pakaian adat perempuan. Bahkan dalam satu nagari, namun berbeda suku juga terdapat perbedaan.

Perbedaan itu diantaranya terletak pada ornamen dan pernik yang digunakan serta perlengkapan lain seperti suntiang (hiasan kepala).

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mendukung upaya yang dilakukan dinas kebudayaan itu karena kekayaan budaya juga berkaitan erat dengan pariwisata yang bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Foto : otonominews.com

Category: