Berita Terpilih

Sumbar Miliki 5.470 Lembaga PAUD

Fri, 10/24/2014 - 14:44 -- nofrilawati

Perkembangan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Provinsi Sumatera Barat terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Sumatera Barat, jumlah PAUD di 19 kabupaten dan kota provinsi tersebut mencapai 5.470.

Hingga saat ini berdasarkan data Dinas Pendidikan, untuk lembaga PAUD terus mengalami kemajuan, dan berkembang pesat. Dari jumlah PAUD tersebut, untuk Angka Partisipasi Dasar (APK) lembaga tersebut, telah mencapai 63,27 persen, di atas rata-rata nasional yang baru 63,01 persen, ujar Kepala Bidang PAUD PK/PLK Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Jhoni Nurdin, dikutip dari Antara News.

Saat ini dari 19 kabupaten dan kota yang ada di Sumbar, jumlah PAUD telah mencapai 5.470 lembaga, dan diperkirakan akan terus bertambah. Sebab PAUD merupakan tonggak pendidikan generasi muda, baik karakter, sikap, prilaku, maupun kepribadian mereka, akan dibentuk dari tingkat ini, katanya.

Pesatnya perkembangan PAUD di Sumbar tak lepas dari imbauan gubernur provinsi itu, yang menargetkan satu jorong satu PAUD. Salah satu kabupaten dan kota yang telah berhasil melaksanakan instruksi itu adalah Kabupaten Pasaman dengan jumlah PAUD mencapai 293 lembaga.

Meski PAUD berkembang pesat, namun perhatian kita saat ini juga pada kesejahteraan guru, sebab mereka kebanyakan saat ini, masih mengajar dengan suka rela, dan itu yang harus diperbaiki ke depan, dimana untuk tingkat kesejahteraan mereka juga mulai harus dipikirkan, ungkapnya.

Category: