Berita Terpilih

Suku Baduy miliki Potensi Jadi Objek Wisata Mendunia

Thu, 12/31/2015 - 20:20 -- nofrilawati

Suku Baduy yang terletak di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten memiliki potensi menjadi objek wisata dunia.

"Kami yakin wisata budaya Baduy memiliki nilai jual yang mendunia, seperti kehidupan komunitas suku Aborigin di Australia, suku Amish di Amerika Serikat, atau suku Incha di Manchu Pichu Peru," kata Pemerhati sosial dari Rangkasbitung Ahmad Kusaeni, dikutip dari Antara News.

Budaya yang masih dipertahankan masyarakat Baduy menjadi hal yang menarik untuk dijadikan sebagai wisata penelitian antropologi karena sampai saat ini masyarakat Baduy masih mempertahankan adat leluhurnya.

"Banyak para antropolog datang ke Baduy untuk melakukan penelitian," katanya.

Keberadaan suku terasing itu akan menjadi objek wisata dunia sehingga memberikan nilai tambah untuk peningkatan ekonomi masyarakat juga pendapatan asli daerah (PAD), ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Lebak Okta mengatakan pemerintah daerah terus membangun jalan menuju objek wisata budaya Baduy dari Rangkasbitung hingga Ciboleger atau pintu gerbang masuk kawasan Baduy.

"Kami memberikan kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung ke Baduy dengan tidak tidak memungut biaya," katanya.

Sekretaris Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar Sarpin mengatakan selama ini rombongan pengunjung objek wisata Baduy kebanyakan dari perguruan tinggi, sekolah, peneliti, lembaga, instansi swasta, dan pemerintah, sedangkan dari kalangan keluarga relatif kecil.

"Kami yakin ke depan kunjungan wisata adat Baduy meningkat, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal," kata Sarpin.

Foto : bantenasia.com

Category: