Berita Terpilih

Songket Musi Banyuasin Tampil di "Internasional Fair of Tourism" Serbia

Mon, 03/03/2014 - 16:55 -- nofrilawati

Indonesia ikut berpartisipasi dalam ajang pameran pariwisata di Beograd, Serbia. Di pameran yang bertajuk Beograd Internasional Fair of Tourism (IFT) ini, Indonesia memperagakan cara menenun kain tenun Songket dari Musi Banyuasin, dan ini mencuri perhatian Ibu Negara Serbia untuk memperhatikan cara menenun kain songket tersebut.

Ibu Negara Serbia dengan penuh perhatian melihat cara menenun kain Songket yang menggunakan benang emas, kata Ernawati, pengelola kelompok pengrajin Tenun songket dari Kecamatan Keluang, Kabupaten Musi Banyuasin, seperti dikutip dari Antara News.

Pada kesempatan itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar memberikan hadiah kain tenun kepada Ibu Negara Serbia.

Demo menenun kain songket yang dilakukan Wana Amir di paviliun Indonesia mendapat perhatian dari pengunjung pameran pariwisata IFT Serbia. Wana Amir mengatakan banyak yang bertanya berapa lama membuat sehelai kain tenun songket.

Selain itu, stasiun televisi Serbia juga tertarik melakukan liputan cara menenun dengan menggunakan alat tenun khusus yang dibawa langsung dari Indonesia. Dibutuhkan waktu sekitar sebulan untuk menyelesaikan satu set kain panjang dan selendang tenun, ujar Wana Amir.

Category: