Berita Terpilih

Songket dan Kuliner Jadi Produk Unggulan Palembang

Tue, 10/06/2015 - 19:17 -- nofrilawati

Perkembangan industri kreatif terus mengalami peningkatan dan setiap daerah memiliki unggulan masing-masing, seperti Palembang yang menjadikan songket dan kuliner sebagai produk unggulan.

Seperti diungkapkan Menteri Perindustrian, Saleh Husin, pengembangan industri kreatif dari Palembang, Sumatera Selatan terus dipacu seiring beragamnya produk dan pelaku usaha muda yang bertambah, di mana kain songket dan kuliner menjadi produk unggulan dari kota yang dibelah Sungai Musi itu.

”Cantiknya songket Palembang juga didukung oleh telatennya para perajin memasukkan pernak-pernik yang detail, jadi ada unsur ’craftmanship’ yang terus dipertahankan, juga semakin berkembang oleh kreativitas desainer dan pelaku usaha mudanya,” katanya, dikutip dari Antara News.

Sedangkan untuk kuliner Palembang yang menjadi fokus pengembangan lebih lanjut adalah pempek, mulai dari lenjer, kapal selam, keriting hingga pempek kulit. Selain itu, terdapat jenis lainnya seperti kue bluder, masakan laksan dan celimpungan.

“Beberapa pelaku usaha pempek di Palembang sudah mulai mengirimkan produknya melalui paket keluar daerah, nilai jualnya adalah jaminan keaslian bahan baku, proses produksi dan cukanya benar-benar dari Palembang,” ungkap Menperin.

Pemanfaatan teknologi informasi dan sosial media adalah hal yang tepat menjadi sarana pemasaran songket dan kuliner tersebut.

Foto : beeindaclub.blogspot.com

Category: