Berita Terpilih

"Smart Grid" Solusi Menuju Energi Yang Ramah Lingkungan

Wed, 04/08/2015 - 16:22 -- nofrilawati

Keterbatasan energi kelistrikan saat ini bisa diatasi dengan "Smart Grid", sebuah konsep modernisasi infrastruktur sistem ketenagalistrikan yang ramah lingkungan.

Smart Grid hadir untuk mendukung teknologi dan komunikasi sebagai infrastruktur yang cerdas dan solusi keterbatasan energi dan menuju energi ramah lingkungan, kata Dosen Jurusan Elektro ITB, Dr Deni Hamdani, dikutip dari Antara News.

Saat ini, Smart Grid telah menjadi trend teknologi terbaru di dunia ketenagalistrikan yang dapat meningkatkan efisiensi, sustainabilitas, ekonomi, dan ramah lingkungan. Selain itu, Smart Grid bisa menjadi solusi untuk penghematan energi.

Menurut Deni, khusus di Indonesia, masalah utama mengaplikasian Smart Grid adalah pada aspek ketersediaan energi dan kehandalan. Namun ke depan konsep revolusioner itu akan menjadi tantangan bagi PLN untuk mengembangkannya secara besar dan terstuktur.

Sudah ada beberapa tempat percontohan Smart Grid. Salah satunya, Sumbawa Barat yang merupakan tempat yang cukup terisolasi, ungkapnya.

Foto : energitoday.com

Category: