Berita Terpilih

SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia Dalam Konferensi Simulasi Sidang PBB

Mon, 02/10/2014 - 19:26 -- nofrilawati

Universitas Harvard kembali menggelar konferensi simulasi sidang PBB tingkat pelajar dunia. Simulasi yang dikenal dengan Harvard Model United Nations (HMUN) ini diselenggarakan pada 30 Januari – 2 Februari 2014 di Sheraton Hotel, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

Kegiatan ini dihadiri para pelajar setingkat SMA dari seluruh dunia dan tahun ini jumlah peserta mencapai 3.200 siswa. Indonesia menjadi salah satu negara yang berpartisipasi dalam konferensi tersebut dan Indonesia diwakili oleh SMA Labschool Jakarta dengan delegasi yang berjumlah 13 siswa.

Pelajar SMA Labschool Jakarta tersebut bersidang sesuai dengan komite-komite dengan topic permasalahan yang telah ditentukan oleh panitia, seperti DISEC, MDG’s, WHO, NGO. Ini merupakan sesuatu yang sangat membanggakan bagi Indonesia, karena ada wakil dari Indonesia yang mengikuti ajang bergengsi ini.

Setidaknya ada beberapa faktor yang menyebabkan HMUN menarik bagi pelajar dunia, kata Sekjen HMUN 2014 Samuel H. Leiter, seperti dikutip dari Kompas.com. Pertama, HMUN diselenggarakan oleh salah satu universitas paling bergengsi dan berkualitas di dunia, yakni Harvard. Kedua, HMUN adalah model simulasi sidang PBB pertama atau yang paling tertua di dunia. Faktor ketiga, HMUN menjadi ajang bertemunya para pelajar terpilih tingkat dunia.

Disini mereka bertemu untuk mendiskusikan, memperdebatkan, bersidang mencari solusi dan berdiplomasi tentang isu-isu atau permasalahan global saat ini, ujar Samuel.