Berita Terpilih

Siswi ini Ciptakan Tusuk Gigi Pendeteksi Boraks Pada Makanan

Wed, 11/05/2014 - 19:27 -- nofrilawati

Tusuk gigi yang berfungsi untuk mendeteksi boraks inovasi dua siswi asal SMA Negeri 3 Semarang meraih emas pada kompetisi International Exhibition for Young Inventors (IEYI) yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu.

Perangkat yang berfungsi sebagai pendeteksi bahan kimia berbahaya pada makanan ini di ciptakan oleh Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila. Alat pendeteksi boraks ini diberi nama Sibodec (Stick of Borax Detector).

Dengan alat ini, analisis kandungan boraks dapat dideteksi hanya dengan waktu sekitar 5 detik. Untuk penggunaannya tinggal menusukkan sibodec ke makanan dan hanya melihat perubahan warna tusuk gigi tersebut.

Kalau warna berubah menjadi oranye, maka makanan itu mengandung boraks. Sibodec telah dilengkapi dengan bahan kimia yang masih dirahasiakan. Bahan hanya sensitif terhadap boraks sehingga perubahan warna memang menunjukkan adanya senyawa itu, ujar Lutfia, seperti dikutip dari Kompas.com.

Kompetisi inovasi anak muda tingkat dunia ini diselenggarakan tiap tahun dan diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Untuk tahun ini Indonesia jadi tuan rumah dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai penyelenggara.

Foto : kaskus.co.id