Berita Terpilih

Siswa SMK Ini Ciptakan Printer Tiga Dimensi

Fri, 02/20/2015 - 16:31 -- nofrilawati

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Semarang berhasil menciptakan printer yang mampu mencetak benda tiga dimensi.

Biasanya, printer hanya bisa mencetak gambar atau tulisan di kertas. Printer kami bisa mencetak benda persis aslinya dalam wujud tiga dimensi, kata Noor Hadi D, koordinator tim pembuatan printer tiga dimensi, dikutip dari Antara News.

Noor Hadi merancang priter ini bersama 16 rekannya yang duduk di kelas XIII. Untuk pembuatan printer tiga dimensi 17 siswa ini bekerja sama dengan D-Tech Engineering, sebuah perusahaan desain manufaktur yang juga dikelola siswa lulusan SMK dari Salatiga.

Dengan media komputer yang disambungkan ke perangkat printer tiga dimensi itu, benda berbentuk apa pun bisa dicetak sesuai keinginan dimensi maksimal panjang 12 cm, lebar 12 cm, dan tinggi 20 cm.

Kami sudah bisa mencetak berbagai benda, mulai dudukan telepon seluler (ponsel), mainan anak-anak berbentuk binatang, dan lain sebagainya. Bahannya cetaknya dari plastik jenis ABS dan PLA. Sejauh ini, hanya plastik jenis polylactic acid (PLA) dan acrylonitrile butadiene styrene (ABS) yang bisa digunakan untuk mencetak bahan-bahan tiga dimensi dari printer itu, ujar Noor Hadi.