Berita Terpilih

Siswa SMA Ini Akan Tumbuhkan Padi Dan Ragi Di ISS

Mon, 04/18/2016 - 18:00 -- nofrilawati

Sejumlah pelajar sekolah menengah atas asal Indonesia terlibat dalam penelitian ruang angkasa dengan eksperimen menumbuhkan padi dan ragi di stasiun luar angkasa.

Penelitian itu dilakukan oleh siswa dari Sumatera Utara, Jakarta, Bandung, dan Jayapura bersama International Space Station (ISS) yang dikelola sejumlah negara, di antaranya National Aeronautics and Space Administration (NASA) dari Amerika Serikat, dan European Space Agency dari Eropa.

Sejumlah siswa SMA asal Indonesia tersebut terlibat dalam eksperimen menumbuhkan padi dan ragi di stasiun luar angkasa, kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blake Jr, dikutip dari Antara News.

"Mereka para siswa bereksperimen bagaimana menumbuhkan padi dan ragi untuk membuat beras dan tempe di gravitasi nol luar angkasa," ujarnya.

Ia berharap penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif tidak hanya bagi NASA, tetapi juga bagi para siswa.

Sementara itu, mentor para siswa Saputro menjelaskan para siswa membuat eksperimen dalam sebuah laboratorium mikro yang membawa padi dan ragi, kemudian dikirimkan ke stasiun luar angkasa pada tanggal 23 Maret 2016.

Rencananya pada 20 Mei 2016, laboratorium mikro itu akan dikirim kembali ke Bumi. "Ini agenda serius. Bagaimana menumbuhkan makanan di luar angkasa," ujar Saputro.

Foto : harianbernas.com