Berita Terpilih

Siswa Madrasah Ikuti Kompetisi Sains Tingkat Nasional

Fri, 08/29/2014 - 16:24 -- nofrilawati

Sekolah di Madrasah bukan berarti tidak memiliki kompetisi dibidang sains dan ilmu pengetahuan alam. Melalui Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2014 membuktikan bahwa siswa-siswa madrasah tidak kalah bersaing dengan siswa sekolah umum lainnya.

Siswa madrasah peserta KSM yang ketiga ini tidak kalah bobotnya dengan siswa-siswa sekolah umum lainnya yang biasanya menjadi peserta Olimpiade Sains Nasional. Kami melakukan seleksi di tingkat kabupaten lalu ke tingkat propinsi dan nasional, siswa-siswa madrasah tidak kalah cerdasnya dengan siswa sekolah umum lainnya, pemenang KSM di tiap tahun juga kami ikutkan ke Olimpiade Sains di tingkat internasional dan hasilnya memuaskan, ujar Humas KSM, Abdul Waris, dikutip dari Antara News.

Sementara itu, Ketua Panitia I KSM 2014 Kidup Supriyadi mengatakan bobot pelajaran sains di madrasah tidak berbeda dengan sekolah umum, baik jam pelajaran maupun kurikulumnya, malah memiliki nilai plus dengan pelajaran-pelajaran agama dan akhlak. Dengan adanya kompetisi sains setiap tahunnya dapat memotivasi para siswa-siswi madrasah untuk mengembangkan budaya kompetitif yang sehat dan unggul di bidang intelektual, emotional dan spiritualnya.

Acara yang berlangsung di Makasar dari tanggal 25 – 29 Agustus ini diikuti 363 siswa madrasah se-Indonesia.

Profesionalitas Kompetisi Sains Madrasah Nasional yang digelar di Makassar tidak diragukan lagi independensi dan profesionalismenya karena melibatkan juri profesional berbasis akademisi di luar kementerian agama, kata Nur Kholis Setiawan dari Direktorat Pendidikan Madrasahm Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama.