Berita Terpilih

Sistem Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hadapi Beberapa Persoalan

Thu, 03/10/2016 - 11:11 -- nofrilawati

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai agen penggerak program Gerakan Nasional PAUD berkualitas masih belum sempurna. Pengurus Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) mengidentifikasi beberapa persoalan yang dihadapi sistem Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Ketua Umum Himpaudi Netti Herawati mengungkapkan persoalan pertama adalah tingkat pendidikan pengajar PAUD yang berpredikat Sarjana Strata Satu (S1) mencapai 23,06 persen.

"Padahal menurut Standar Nasional Pendidikan seharusnya guru PAUD formal maupun non formal minimal S1 PAUD, Psikologi atau Kependidikan," kata Netty, dikutip dari Antara News.

Persoalan kedua, kualitas program dan lembaga PAUD yang masih belum optimal karena tercatat sepertiga anak usia 3-6 tahun belum mendapatkan layanan PAUD. Selanjutnya orang tua yang belum mendukung program lembaga PAUD yang membangun pondasi bangsa dalam menumbuhkembangkan anak.

Program pembelajaran PAUD juga lebih mengedepankan cara tulis dan berhitung (Calistung) padahal seharusnya menekankan terhadap pembangunan sikap, jelasnya.

Permasalahan lain yakni investasi pendidikan, gizi dan status pengajar PAUD non formal yang masih dianggap bukan guru.

Guna menunjang upaya mengatasi persoalan PAUD, Himpaudi telah membentuk pengurus pada seluruh provinsi, 92 persen tingkat kabupaten/kota dan 72 persen tingkat kecamatan.

Foto : rumbelbimtegal.wordpress.com

Category: