Berita Terpilih

Sistem Ini Bantu Nelayan Yang Sedang Melaut

Thu, 10/15/2015 - 18:06 -- nofrilawati

Decision Support System (DSS) alat penginderaan berbasis satelit yang dikembangkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) didedikasikan untuk membantu aktivitas dan produktivitas nelayan.

"Dengan dukungan yang dimiliki Lapan, maka sistem DSS akan lebih efektif membantu para nelayan dan bisa mendeteksi zona potensi ikan di laut," kata Deputi Sains dan Atmosfer Lapan Dr Afif Budi, dikutip dari Antara News.

Sistem yang telah dilakukan di DI Yogyakarta tersebut dapat memberikan informasi zona ikan serta bisa memandu para nelayan dan juga memberikan informasi keselamatan nelayan yang sedang melaut.

"Bila sebelumnya informasi itu sulit didapatkan oleh para nelayan, namun ke depan sudah bisa diakses. Sehingga akan mendukung produktivitas dan juga memitigasi nelayan saat melaut," katanya.

Sistem yang terhubung ke satelit Lapan yang baru diluncurkan Juli 2015 itu juga akan mendeteksi populasi dan posisi kapal dan perahu nelayan yang sedang melaut. Sehingga, posisi kapal dapat diketahui, sehingga bisa memberikan informasi kepada kapal dan perahu itu bisa terjadi potensi bencana di laut seperti angin, gelombang atau tsunami, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmostef Lapan Halimurrahman menyebutkan sistem DSS tersebut akan dikembangkan di seluruh Indonesia sehingga bisa meningkatkan produktivitas nelayan dan juga meningkatkan keselamatan nelayan saat bekerja.

Sistem DSS juga terkoneksi dengan jaringan Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (Orari) sehingga informasi yang ada bisa tersosialisasikan dengan cepat dan efektif.

Foto : lapan.go.id