Berita Terpilih

Siapkan Generasi Emas Lewat PAUD

Tue, 10/29/2013 - 18:37 -- nofrilawati

Anak-anak perlu mendapat bimbingan dari usia dini, baik dari lingkungan keluarga maupun lewat lembaga PAUD. Melalui bimbingan ini, anak-anak usia dini kelak dapat menjadi generasi emas Indonesia yang mampu bersaing di kancah internasional.

Dalam rangka mempersiapkan generasi emas untuk menyonsong "100 Tahun Kemerdekaan Indonesia", pemerintah dan masyarakat harus lebih perhatian terhadap pendidikan dan gizi anak-anak, terutama yang masih dalam fase golden age. Para generasi emas ini diharapkan tampil di era tersebut sebagai manusia-manusia terbaik, berakhlak mulia, berkarakter, dan cerdas.

Dikutip dari Kompas.com, Direktur Jenderal PAUDNI Kemdikbud, Lydia Freyani Hawadi mengatakan anak-anak dengan usia 0-9 tahun dan 10-19 tahun yang berjumlah lebih dari 89 juta jiwa, pada 2045 nanti akan berada pada usia produktif.

Dalam mewujudkan cita-cita besar tersebut, Dirjen PAUDNI telah menyusun konsep besar, di antaranya gerakan PAUD-isasi yang merupakan tonggak penguatan dan kebulatan tekad untuk membangun PAUD, dengan target satu desa, satu PAUD. Saat ini baru ada 10 provinsi yang seluruh desanya sudah memiliki lembaga PAUD dan masih lebih dari 15.000 desa yang harus segera dibangun. Ini target kami selama dua tahun kedepan, ujar Lydia.

Foto : 12012ras.blogspot.com

Category: