Berita Terpilih

Siaga Bencana Lewat Permainan Game

Thu, 01/21/2016 - 22:53 -- nofrilawati

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengedukasi masyarakat dalam menghadapi bencana, seperti lewat aplikasi permaianan game "Sai Fah dan "Tanah".

Aplikasi yang diluncurkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI), Palang Merah Amerika, UNESCO dan Global Disaster Preparedness Center (GPDC) fokus pada penanggulangan banjir, gempa bumi dan tsunami.

Permainan ini dianggap relevan untuk masyarakat Indonesia yang tinggal di tempat rawan bencana alam, kata Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI Arifin M. Hadi dikutip dari Antara News.

Sementara itu, menurut National Programme Officer Disaster Risk Reduction and Tsunami Information Unit UNESCO Ardito M. Kodijat, game ini ditujukan untuk anak-anak yang dianggap termasuk kelompok paling rentan saat terjadi bencana.

"Tapi mereka juga punya potensi untuk membuat perubahan agar masyarakat siaga bencana," ujarnya.

Dua game ini dibuat masing-masing selama setahun oleh pengembang asal Thailand. Sai Fah merupakan permainan berisi petualangan menghadapi bencana banjir. Sedangkan, game "Tanah" berisi misi agar pemain dapat siap siaga, merespon bencana dan memulihkan bencana gempa bumi serta tsunami.

"Kami juga mencari nama general sehingga bisa banyak disebarkan ke negara lain," kata Ardito.

Kedua game ini dapat diunduh oleh pengguna Android dan iOS dengan kata kunci "Sai Fah (ID)" dan "Tanah (ID)".

Foto : allevents.in