Berita Terpilih

Sekolah Untuk Anak Disabilitas

Fri, 04/25/2014 - 17:14 -- nofrilawati

Mengalami kesulitan belajar di sekolah formal, anak disabilitas disarankan untuk belajar mengembangkan bakat dan minat di sekolah khusus bagi anak berkebutuhan khusus.

Anak berkebutuhan khusus bisa sekolah di sekolah formal, namun sering ditolak. Penolakan bukan karena anak kurang mampu, tetapi sekolah yang tidak mampu mendidik murid berkebutuhan khusus, ujar Psikolog Pendidikan Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

Minimnya sekolah berkebutuhan khusus untuk anak penyandang disabilitas, maka orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus harus lebih memperhatikan pengembangan minat dan bakat sang anak.

Anak berkebutuhan khusus juga bisa belajar dan memiliki prestasi layaknya normal. Mereka bisa bermain musik, berolahraga, melukis, dan berkegiatan positif lainnya. Kreativitas ini yang harus terus didorong oleh orang tua untuk bisa dikembangkan anak, ujar Vera, seperti dikutip dari Kompas.com.

Bila anak dengan disabilitas bisa fokus mengembangkan diri, mereka juga bisa mandiri dan memiliki semangat juang, katanya.

Foto : educationuk.org