Berita Terpilih

Satukan Perbedaan Bangsa Lewat Budaya

Tue, 09/16/2014 - 18:04 -- nofrilawati

Setiap negara memiliki latar belakang yang berbeda dan semua itu dapat disatukan melalui musik dan budaya.

Seperti diungkapkan oleh Sultan Hamengku Buwono X dan Simon Taylor, CEO National Concert Hall (NCH) Dublin, Republik Irlandia, pada konser dan puncak upacara penamaan gamelan di Dublin, Irlandia bahwa musik dan budaya dapat menyatukan berbagai bangsa dengan latar belakang berbeda.

Sebanyak 22 pengrawit (musisi dan penyanyi) dan lima penari dari Tim Gamelan Krida Mardawa Kraton Yogyakarta Hadiningrat tampil memukau para penonton pada malam pertunjukan tersebut.

Konser gamelan ini menjadi kesempatan mendayagunakan budaya untuk menjembatani, menumbuhkan sifat peduli, dan memperkuat saling pengertian antar peradaban, ujar Sultan Hamengku Buwono X, seperti dikutip dari Antara News.

Mempertimbangkan nilai-nilai penting tersebut, maka saya menamakan Gamelan Kraton Yogyakarta ini Jatiroso", lanjut Sultan Hamengku Buwono X, sekaligus menyerahkan papan nama gamelan bertuliskan Jatiroso kepada Simon Tayler.

Acara yang bertemakan "Gamelan Open Day and Concert" diselenggarakan di National Concert Hall Dublin, pada tanggal 5 – 7 September 2014. Konser ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan peringatan 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Irlandia, yang jatuh pada tanggal 4 September 2014.

Foto : merengkuhsenja.wordpress.com

Category: