Berita Terpilih

Sasandu Gong, Alat Musik Tradisional Asal Rote NTT

Fri, 10/16/2015 - 13:37 -- nofrilawati

Sasandu Gong, alat musik yang terbuat dari daun lontar dan bambu ini memiliki lima nada pentatonis. Saat ini, alat musik tradisional asal Rote Nusa Tenggara Timur itu terancam punah.

Sasandu Gong memang cocok digunakan untuk memainkan lagu-lagu Rote yang syairnya sarat nasehat dan kearifan. Namun, perlahan generasi muda Rote mulai meninggalkan Sasandu Gong dan beralih ke alat musik yang lebih modern.

Esau Nalle, salah satu seniman Sasandu Gong yang masih bertahan tidak ingin alat musik itu punah, sehingga untuk tetap melestarikan Sasandu Gong dia mendirikan sanggar untuk anak-anak muda Rote agar bisa belajar memainkan Sasandu Gong dan menikmati alunan suaranya dengan syair Rote.

Bagi Esau Nalle, Sasandu Gong bukanlah sekedar alat musik tapi adalah gambaran hidup, potret sejarah, dan penyampaian pesan.

Ia berharap melalui sanggar yang diberi nama Detamanu itu dapat melindungi anak-anak muda Rote untuk mencintai budaya, melindungi budaya Rote dengan sepenuh hati dan terus bermain Sasandu Gong.

Melihat perjuangan Esau Nalle untuk terus menjaga dan melestarikan budaya melalui alat musik Sasandu Gong, membuat Wisnu Dwi Prasetyo dan Ryan Rinaldi mengangkatnya dalam film dokumenter. Film yang berjudul "Memetik Sasandu di Nusa Lontar" terpilih menjadi salah satu finalis Eagle Awards Documentary Competition 2015.

Foto : sajjacob.blogspot.com

Category: