Berita Terpilih

Sarnadi Adam

Fri, 11/22/2013 - 13:57 -- nofrilawati

Terlahir dengan nama Sarnadi Adam pada 27 Agustus 1956 di Kampung Simprug Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sarnadi Adam menyelesaikan pendidikan SD dan SMP di Jakarta. Kemudian Dia hijrah ke Yogyakarta untuk belajar seni rupa di SMSR (SSRI) dan di Akademi Seni Rupa Indonesia.

Sejak tahun 1986 sampai sekarang menjadi dosen tetap di FPBS Jurusan Senirupa Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Dalam melukis Sarnadi Adam terkenal dengan gaya dekoratif dalam menggambarkan berbagai aspek tradisi Betawi. Sarnadi begitu setia melukis pernak-pernik Betawi di atas kanvasnya dan merupakan pelukis yang identik dengan kebetawian.

Pada tahun 1992, Ia di undang Mr. A.Q. Jansen SH Verwarmning Industrie B.V. Nederland mengadakan pameran, mengunjungi museum seni rupa dan melukis bersama-sama seniman di beberapa negara Eropa, seperti Belgia, Perancis, Denmark, dan Swedia. Selain itu, Ia sering mengadakan pameran tunggal dan mengikuti pameran bersama di Jakarta, Purwokerto, Malang, dan di luar negeri (Brunei, Singapura, Thailand, Philipine, Belanda, USA, dan Argentina).

Pada tahun 2000 Sarnadi Adam mendapat penghargaan sebagai Pelukis terbaik DKI Jakarta dari Gubernur DKI Jakarta. Sampai saat ini, Ia tercatat sebagai Anggota Dewan Kesenian Jakarta.

*Diambil dari berbagai sumber