Berita Terpilih

Saatnya Terapkan Pembelajaran Yang Terintegrasi Dengan Alam

Wed, 09/16/2015 - 19:00 -- nofrilawati

Metode pembelajaran dengan teori dan praktek langsung diluar ruangan dapat membuat anak didik lebih pintar. Selain dapat menarik perhatian para siswa, metode ini juga menyenangkan.

"Berdasarkan dari riset pendidikan yang kita dalami, pendidikan yang terintegrasi dengan kegiatan di luar ruang kelas sangat menguntungkan," kata Direktur Utama Operasional Yayasan Iman, Pengharapan dan Kasih (IPEKA) Petroes S Soeryo, dikutip dari Antara News.

"Misalnya belajar Fisika, maka selain memperlajari teori di dalam kelas, murid-murid sebaiknya juga dikenalkan dengan alam, praktik langsung di luar," katanya.

"Pendidikan yang demikian, di beberapa negara ditemukan bahwa anak-anaknya belajar dengan well being yang lebih baik, secara psikologi juga lebih baik, dan nyaman. Anak-anak tak akan merasa dibatasi dengan dinding, bayangkan anak-anak di rumah bertemu dinding-dinding, di sekolah masuk ke ruangan yang berdinding lagi," ungkapnya.

Menurut dia, dengan metode pendidikan macam itu, kecerdasan anak akan lebih lengkap, bukan hanya kognitif tapi score academic juga akan meningkat.

Foto : kimgentongmaspaskot.blogspot.com