Berita Terpilih

Saatnya Penggunaan "e-voting"

Tue, 10/28/2014 - 15:08 -- nofrilawati

Survei yang dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat setuju dengan pelaksanaan pemungutan suara secara elektronik (e-voting).

Masyarakat yang setuju penggunaan e-voting mencapai 98 persen dari responden yang berjumlah sekitar 5.000 orang, kata Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT, Hammam Riza, dikutip dari Kompas.com.

Simulasi pelaksanaan e-voting telah dilakukan BPPT sejak 2010 hingga 2012 di Banten, Gorontalo, dan Bengkulu. Selain itu, e-voting juga telah diterapkan pada pemilihan Kepala Desa di 13 Desa dan simulasi Pilkada Bantaeng, Sulawesi Selatan, pada 2013 di 42 tempat pemungutan suara.

KPU tak perlu khawatir ada masalah dalam penerapan e-voting karena telah dilakukan dan dikaji BPPT sepuluh tahun terakhir, ujar Hammam.

Sementara itu, Kepala Program Sistem Pemilu Elektronik BPPT, Andrari Grahitandaru mengatakan Semua pelaksanaan e-voting mendapat tanggapan positif dari masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

Foto : kearsipanonline.com