Berita Terpilih

Saatnya Memanfaatkan Teknologi Dalam Sistem Pendidikan

Tue, 05/10/2016 - 18:09 -- nofrilawati

Beberapa tahun yang akan datang gadget akan menjadi fasilitas wajib dalam dunia pendidikan. Untuk menerapkan sistem pendidikan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi tentunya dibutuhkan infrastruktur yang memadai.

Menurut Kepala Pustekkom Kemendikbud Ari Susanto, dari segi infrastruktur pendidikan di Indonesia memang belum merata. Untuk internet, menurut data Pustekom 28 Desember 2015, sekolah yang sudah terakses internet ada 163.196 sekolah atau 77,60%. Sedangkan yang belum terakses internet ada 48.582 sekolah.

Tentu saja butuh waktu dan komunikasi yang intens untuk bisa memberi pemahaman bahwa belajar bisa melalui pola yang berbeda dari yang biasa dilakukan. Dan belajar bisa dilakukan di mana saja sepanjang sistem dan teknologinya sudah digunakan.

Sementara itu, untuk industri konten di Indonesia sendiri belum banyak namun sedang kita dorong. “Jika dibilang siap ya belum, namun realitanya aplikasi edukasi sudah ada meskipun terbatas, jadi fifty-fifty, mau tak mau dijalankan. Saatnya mendorong tak mungkin mencegah teknologi yang sudah masuk ke ranah edukasi,”kata Ari.

Foto : irwanhermawan8300.wordpress.com

Category: