Berita Terpilih

Saatnya Internasionalisasi Bahasa Indonesia

Thu, 11/06/2014 - 18:23 -- nofrilawati

Bahasa Indonesia didorong menjadi bahasa internasional, khususnya dikawasan Asia Tenggara yang tahun depan akan menghadapi perdagangan bebas. Salah satu bentuk dorongan datang dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang mendorong berbagai kalangan untuk memperkenalkan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional.

Sejak lama UMM mendorong Bahasa Indonesia dapat digunakan secara luas dan diakui sebagai bahasa ilmu pengetahuan, bahkan bahasa internasional, kata Rektor UMM Dr Muhadjir Effendy, dikutip dari Antara News.

Oleh karena itu, kami mengundang para peneliti dan mahasiswa asing yang studi di UMM guna mempelajari Bahasa Indonesia dan menggunakannya untuk laporan penelitian dan bahasa sehari-hari di kampus. Mahasiswa asing yang belajar di UMM diwajibkan mempelajari Bahasa Indonesia dan menggunakannya dalam pergaulan sehari-hari, selain bahasa asalnya, ungkapnya.

Sebagai bentuk dorongan UMM dalam memperkenalkan Bahasa Indonesia untuk mahasiswa asing adalah dengan menyiapkan unit Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Setiap tahun UMM menerima sekitar 100 hingga 200 mahasiswa asing dan telah meluluskan ribuan mahasiswa asing.

Mahasiswa asing yang sudah lulus ini dapat dijadikan duta internasionalisasi Bahasa Indonesia yang efektif, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Kebudayaan UMM, Dr Sugiarti, mengatakan Bahasa Indonesia berpotensi menjadi bahasa ASEAN karena memiliki struktur yang sederhana, mudah dipelajari dan daya serap kosa kata yang kuat. Selain itu, pengguna atau penutur Bahasa Indonesia merupakan paling banyak di ASEAN dengan persebaran geografis yang sangat luas.

Sedangkan kepala Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Maksum yakin ke depan Bahasa Indonesia akan menjadi salah satu bahasa internasional, terutama di kawasan ASEAN, seperti Bahasa Inggris yang digunakan di Uni Eropa dan untuk menerobos panggung dunia, jadikanlah Bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan, ungkapnya.

Foto : umm.ac.id

Category: