Berita Terpilih

Saatnya Industri Kakao Indonesia Jadi Nomor Satu di Dunia

Tue, 01/27/2015 - 18:34 -- nofrilawati

Sebagai salah satu negara produsen kakao terbesar di dunia, industri kakao Indonesia memiliki potensi menjadi nomor satu di dunia.

Indonesia merupakan produsen kakao nomor 3 di dunia dengan total produksi pada 2013 mencapai 410 ribu ton atau kurang lebih 10 persen dari produksi kakao dunia, yang sebesar 4,1 juta ton, kata Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto, dikutip dari Antara News.

Pada 2020, diprediksi produksi kakao Indonesia akan mencapai 1,2 juta ton, yang akan membawa Indonesia menjadi industri kakao nomor wahid di dunia, ungkapnya.

Sejauh ini, jumlah perusahaan yang bergerak di bidang industri kakao mencapai 19 unit usaha dengan 5.800 jumlah tenaga kerja dengan jumlah investasi mencapai Rp 4,65 triliun.

Industri kakao Indonesia ke depan memiliki peranan penting, khususnya dalam perolehan devisa negara dan penyerapan tenaga kerja, karena memiliki keterkaitan yang luas baik ke hulu maupun hilir, katanya.

Menurut dia, beberapa kebijakan telah dikeluarkan untuk mendorong kemajuan perkakaoan nasional, baik di sektor on farm maupun off farm. Di antaranya, pembebasan bea masuk atas impor mesin dalam rangka investasi, penerapan bea keluar biji kakao, tax allowance dan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib kakao bubuk.

Foto : heropurba.blogspot.com

Category: