Berita Terpilih

Saatnya Anak-anak Menikmati Sastra

Tue, 10/24/2017 - 14:01 -- nofrilawati

Hari Bersastra Yogya ke-5 diperingati oleh Studio Pertunjukan Sastra Yogyakarta dengan mengajak anak-anak menikmati sastra bertajuk "Bergembira di Taman Sastra" pada 29 Oktober pukul 09.00 sampai 15.00 di Ruang Seminar dan Amphiteater Taman Budaya Yogyakarta.

Kegiatan itu disajikan sebagai satu "laboratorium" kecil dunia literasi, sastra, dan anak, ungkap koordinator acara Hari Bersastra Yogya, Sukandar.

"Laboraturium kecil itu diwujudkan dengan rangkaian lokakarya, pelatihan, sarasehan, pertunjukan, dongeng dan pembacaan puisi. Lokakarya menyajikan pergelaran Wayang Kartun dengan lakon Timun Emas oleh dalang Bagong Soebardjo.

"Dari hal itu, anak-anak diminta untuk menuliskan apa yang ditemukan dalam bentuk tulisan. Metode ini mengajak anak untuk memikirkan apa yang mereka tuliskan dari hasil melihat, ngematke (memperhatikan)," katanya, seperti dikutip dari Antara News.

Anak-anak usia 9-13 tahun dari sanggar/komunitas/sekolah menjadi pilihan sasaran kegiatan karena mereka dianggap sudah selesai dengan kemampuan teknis membaca dan menulis dan bersiap menuju proses literasi dan bersastra, yakni pembacaan secara terus menerus yang melahirkan daya pikir, kemampuan analisis, kekritisan.

"Dan sastra (untuk) anak, mencoba meletakkan kembali dasar-dasar literasi lewat hal-hal sederhana: tentang rambut yang terus tumbuh di kepala, cacing yang menggeliat-geliat ketika sebagian tubuhnya hilang, juga tentang rumput atau pohon yang tumbuh di halaman rumah," jelasnya.

Foto : gapuranews.com