Berita Terpilih

Robot Bergaya Penari Bali Karya Mahasiswa Ubaya

Mon, 06/09/2014 - 11:37 -- nofrilawati

Mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) ciptakan robot bergaya penari Bali. Robot hasil karya tiga mahasiswa jurusan Teknik Elektro ini diberi nama Niniteus.

Dua robot penari itu kami beri nama Niniteus. Niniteus adalah kepanjangan dari Nini yang merupakan panggilan wanita dewasa di Bali, sedangkan Teus berarti Teknik Elektro Universitas Surabaya, kata salah satu perakit Niniteus, Okky Andriansyah, seperti dikutip dari Antara News.

Saat ini, robot Niniteus sudah membawakan Tari Anoman dan Tari Legong Keraton. Dengan dilengkapi kostum adat Bali, Niniteus menggunakan sensor suara (lagu) untuk menghasilkan gerakan yang menggemaskan, kata Okky didampingi perakit lainnya Hamdi Fawazal dan Bagus Olifianto.

Mahasiswa semester enam ini berhasil merakit dan memodifikasi Niniteus sampai menghasilkan lenggokan saat menari dalam waktu empat bulan. Selain itu, robot ini bisa menari apapun tergantung disuruh menari apa dan tinggal dibuatkan programnya.

Saat ini, sudah ada kontes robot yang bisa menari yakni Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) yang merupakan bagian dari Kontes Robot Indonesia (KRI). Dengan adanya kontes robot ini secara tidak langsung dapat menjadi salah satu ajang pelestarian budaya Indonesia.

Foto : ubaya.ac.id